Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, October 24, 2015

NES Rayakan Ulang Tahun ke-30

Konsol Nintendo, Famicom (Family Computer) mungkin merayakan ulang tahun ke-30-nya pada Juli 2013 silam. Tapi di bulan Oktober 2015 inilah 30 tahun lalu secara teknis menjadi debut konsol Nintendo Entertainment System (NES), versi Amerika dari Famicom.
 
Pada 18 Oktober 1985, Nintendo mengganti nama Famicom dan merilisnya di Amerika Utara dengan nama NES. Bukan hanya memastikan Nintendo bakal memiliki masa depan di luar Jepang, tapi juga memastikan bahwa para gamer bakal punya masa depan memainkan video game di rumah.


 
R.O.B didesain untuk game Gyromite.
Di kala itu, para gamer masih merasakan efek dari kehancuran konsol rumahan tahun 1983. Takut akan menurunnya jumlah stok yang terjual dan melimpahnya judul-judul video game berkualitas renda, banyak para pedagang game kala itu mengira bahwa video game rumahan tidak lagi menjanjikan. Hari-hari kejayaan Atari 2600 dan Intellivision secara drastis melangkah menuju akhirnya.
Nintendo sendiri menghadapi tantangan berat untuk bisa menempatkan NES pada rak-rak toko di Amerika. Perusahaan ini pertama kali memunculkan NES pada event Consumer Electronics Show, Juni 1985, dan segera saja langung berubah skeptis. Para pedagang, masih dilanda kekhawatian, khawatir akan kompleksitasnya dan tak lagi tertarik pada pemikiran mempromosikan konsol video game lainnya.
Penerimaan ini membuat Nintendo terpaksa menunda peluncuran NES. Perusahaan ini lantas secara pintar membuat beberapa perubahan, di antaranya memasukkan game-gamenya ke dalam cartridge khusus. NES juga dipaketkan dengan aksesoris yang disebut R.O.B. (Robotic Operating Buddy), sebuah mainan robot kecil yang bekerja dengan dua game, yang ditujukan untuk menjadikan NES terlihat lebih mutakhir dibandingkan konsol-konsol yang ada sebelumnya.
Akhirnya, pada 18 Oktober 1985, Nintendo merilis konsolnya tersebut dalam jumlah terbatas di New York. Hanya sekitar 50 ribu unit yang terjual selama musim liburan, tapi itu cukup untuk membuktikan pada Nintendo dan para retailer bahwa sistem ini memiliki masa depan. Di awal 1986, sistem ini mulai tersedia untuk kota-kota lainnya.

Super Mario Bros. membantu pemasaran NES.
Faktanya, barisan game keren NES yang membantu sistem ini menemukan jalannya. Diluncurkan dengan 17 game, NES menikmati sederetan game-game hebat kala itu, di antaranya Duck Hunt, Excitebike, Hogan's Alley, dan tentu saja, Super Mario Bros. Para gamer pun mulai teringat kembali apa yang membuat mereka tertarik pada hobi bermain game, dan jalan untuk kebangkitan industri video game pun mulai tampak.
Hingga konsol ini berhenti diproduksi pada 1995, sudah lebih dari 700 game NES dirilis untuk sistem ini dan lebih dari 30 juta konsolnya terjual di Amerika saja. Di Indonesia konsol ini juga populer dan disebut-sebut sebagai konsol video game rumahan pertama yang hadir di Indonesia. Game-game untuk konsol yang di Indonesia populer dengan sebutan ‘Nintendo’ saja ini tetap dimainkan anak-anak Indonesia lewat berbagai versi bajakannya yang diproduksi Tiongkok. Dan akhir kata, seperti yang katakan, sejarah. Selamat ulang tahun ke-30, NES! (cg)

Sumber: Plugged In

BACA JUGA:
-- 10 Video Game Terbaik di NES

No comments:

Post a Comment

Designed By