Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, October 21, 2015

Kojima Sudah Hengkang dari Konami?

Hideo Kojima, kreator serial stealth populer Metal Gear Solid dilaporkan telah meninggalkan Konami. Benarkah? Berikut kilasan beritanya dirangkum CumaGamer.com.
 
Berdasarkan laporan yang dimuat The New Yorker, tanggal 9 Oktober lalu adalah hari terakhir Kojima di Konami. Sumber media ini yang enggan disebutkan namanya tersebut mengatakan turut hadir dalam pesta perpisahan Kojima di Kojima Productions, studio gamenya di Tokyo. Simon Parkin, penulis laporan itu memperkuat laporannya dengan mengunggah foto Kojima dan rekan-rekannya tengah bersulang di sebuah ruangan.

 
Foto yang katanya pesta perpisahan Kojima.
Namun laporan ini dibantah oleh Konami. Dilansir dari Tokyo Sports, juru bicara di kantor pusat Konami mengatakan, "Saat ini, Kojima masih terdaftar sebagai karyawan di perusahaan (di Konami).” Karenanya, Konami membantah informasi yang menyebut Kojima telah meninggalkan perusahaan. “Saat ini Kojima dan tim pengembangan sudah menyelesaikan pengembangan Metal Gear Solid V dan kini menikmati waktu panjang istirahat dari pekerjaan,” jelasnya.

Lantas saat ditanya mengenai pesta perpisahan, Konami menjawab mereka tidak yakin tentang pesta perpisahan yang dimaksud. Sebaliknya mereka menyebut Kojima dan karyawan lainnya tengah berlibur usai mengerjakan Metal Gear Solid V. "Karena waktu pengembangan video game konsol begitu panjang dan melelahkan, jadi wajar bila para karyawan mengambil waktu istirahat yang lama ketika semuanya sudah selesai dikerjakan," tambah Konami.
Hubungan Kojima dengan perusahaan game yang telah membesarkan namanya tersebut mulai renggang pada Maret lampau, ketika Konami mengumumkan kebijakan restrukturisasi perusahaan. Dalam kebijakan tersebut, nama Kojima yang telah bekerja tiga dekade lebih di Konami dihapus dari daftar para sutradara game. Kojima juga mulai memberikan petunjuk akan rencana pengunduran dirinya dari studio tersebut melalui serangkaian kicauan di Twitter, sembari menyatakan keinginannya berhenti dari produksi serial Metal Gear yang diciptakannya.

Selain itu, Konami juga membatalkan game terbaru Silent Hills, game survival horor kolaborasi Kojima dengan Guillermo del Toro pada April lalu. Hal ini mengisyaratkan konflik di antara pihak-pihak terkait. Kemudian dilaporkan di bulan Juli bahwa Kojima Productions, studio yang didirikannya pada 1986 tersebut telah dibubarkan.

Proyek terakhir Kojima dengan Konami adalah Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain, seri terakhir dalam serial Metal Gear Solid. Namanya, bersama dengan nama studionya, telah dihapus dari sampul game dan materi promosi lainnya. Menyusul kesuksesan Metal Gear Solid 5 yang dirilis 1 September silam, Kojima mulai fokus membuat video perpisahan yang sentimentil, menyatakan perpisahannya pada serial yang telah dia besarkan di sepanjang kariernya. Meski dilaporkan telah meninggalkan Konami, namun hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari Konami terkait hal ini. (cg)

Sumber: The New Yorker, Tokyo Sports

No comments:

Post a Comment

Designed By