Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Saturday, October 31, 2015

Jangan Harap Ada Split-Screen di Halo 5

Sahabat gamer penggemar game FPS Halo tampaknya tak perlu lagi berharap akan adanya fitur split-screen di rilisan teranyar serial ini, Halo 5 Guardians. Pasalnya, Microsoft sudah memastikan tidak akan ada patch yang memungkinkan untuk menambahkan fitur ini ke dalam gamenya. Berikut informasinya dirangkum CumaGamer.com.

Fakta bahwa Halo 5: Guardians tidak menawarkan split-screen alias layar terbagi dua untuk mode multiplayer sedang hangat-hangatnya didiskusikan komunitas gamer. Terlebih sejak Microsoft membuat pengumuman lebih awal di tahun ini. Dalam wawancara teranyar, sutradara pengembangan waralaba Halo, Frank O'Connor mengatakan, tuntutan untuk pengadaan fitur ini begitu besar. Namun, tidak ada rencana menambahkan split-screen untuk Halo 5 dalam bentuk patch. Meski begitu, Halo 6 kemungkinan bakal memiliki fitur ini.



Dalam wawancara dengan GamesRadar+, O'Connor mengatakan, secara teknis tidak dimungkinkan untuk menambahkan split-screen ke Halo 5 sebagai patch pasca rilis. Hal ini dikarenakan frame rate 60 FPS yang dimiliki game ini. Katanya, ketika 343 selaku developer memutuskan Halo 5 bakal berjalan terkunci dalam 60 FPS, tim pengembangan sudah menyadari bahwa hal ini bakal memunculkan beberapa isu dan ketidakmungkinan secara teknis untuk penambahan elemen-elemen baru di game ini.

"Secara realistis untuk Halo 5, ini bukan sesuatu yang bisa kita tambahkan ke dalam sebuah patch," kata O'Connor. "Simulasi gamenya berjalan dalam 60 frame per detik. Kalian bakal melihat betapa besarnya pemandangan yang ada di sana. Kalian akan melihat hal-hal seperti kraken dan yang lainnya, dan yang lainnya. Ini hanya tidak mudah dilakukan dengan kemampuan engine-nya. Ada alasan yang menjadikan hal ini tidak mungkin," ungkapnya.
O'Connor menambahkan, secara pribadi dia sendiri menyukai split-screen. Tapi lantas mengatakan, jumlah gamer yang benar-benar memainkan game-game Halo melalui local multiplayer dengan split-screen relatif kecil dibandingkan jumlah basis pemainnya.
"Kami tahu berapa jumlah sebenarnya. Kenyataannya jumlah gamer Halo dengn Split-screen tidak sebanyak yang kalian kira," katanya. "Split-screen menyenangkan untukku juga. Ini bukan hal yang perlu aku sanggah. Kami ingin memasukkan hal ini, tentunya bila kami bisa melakukannya, kami pasti melakukannya," tambah O’Connor.

Dalam wawancara itu O'Connor juga sedikit membocorkan informasi mengenai Halo 6, yang sebelumnya dia sebut sedang dalam proses pengerjaan yang serius. Katanya, game teranyar dari waralaba Halo ini nanti bakal menawarkan split-screen. Meski begitu, tidak ada yang bisa dipastikannya pada tahap ini.
"Saat ini masih tahap pembicaraan terkait game kami berikutnya," ujarnya. "Kami belum mengatakan kalau split-screen sudah berakhir dan kami melupakannya. Membuat game itu perlu menemukan jadwal dan daftar prioritas dan fitur-fitur teknis yang bisa benar-benar kalian dapatkan. Dan komitmen 60 frame per detik, kami tahu kalau ini bakal menghasilkan beberapa isu. Dan salah satunya, sayangnya, dan kami tidak merasa bagus mengenai hal ini, salah satunya yang disayangkan adalah split-screen. Jadi kami akan membicarakan tentang hal ini untuk game berikutnya dan akan kami bicarakan untuk ke depannya. Tapi ini benar-benar masalah teknis yang besar dan bukan keinginan pribadi kami," tandas O’Connor.
Sebelumnya, executive producer Halo 5 Josh Holmes mengatakan, keputusan untuk menghilangkan fitur split-screen dari Halo 5 adalah ‘salah satu keputusan paling sulit yang pernah dibuat studio ini’. Split-screen sebelumnya dikebal sebagai salah satu ciri khas game Halo hingga kemudian Halo 5 dirilis pekan ini. Halo 5 diluncurkan tanggal 27 October lalu secara eksklusif untuk platform Xbox One. (cg)

Sumber: GamesRadar+

No comments:

Post a Comment

Designed By