Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Wednesday, October 21, 2015

10 Video Game Terbaik di NES


Bulan ini konsol rumahan legendaris Nintendo, Nintendo Entertainment System (NES) genap berumur 30 tahun. Saat pertama kali dirilis tahun 1985, konsol 8-bit yang di Indonesia kala itu lebih dikenal hanya dengan sebutan ‘Nintendo’ ini telah berhasil membangkitkan kembali industri video game dunia yang sempat terpuruk.

Tentunya keberhasilan NES bukan sekadar berkat kekuatan dari konsol itu saja, melainkan tentunya juga datang dari deretan game-game berkualitas yang bisa dimainkan di konsol ini. Game-game berkualitas ini bukan saja sukses melambungkan nama Nintendo sebagai penguasa pasar konsol rumahan di generasi itu, tetapi juga membawa kesuksesan pada perusahaan-perusahaan pengembang video game yang berjaya lewat game-game buatan mereka. Bahkan banyak serial game populer yang ada saat ini memulai debutnya di NES.



Nah, memperingati tiga dekade kelahiran NES yang fenomenal ini, CumaGamer.com menghadirkan daftar 10 video game yang diklaim sebagai yang terbaik di antara game-game lainnya yang bisa dimainkan di platform ini. Demi meminimalkan subjektivitas, dalam menyusun daftar ini CumaGamer.com memutuskan untuk menggabungkan dan mengolah daftar 10 teratas game NES dari berbagai situs video game baik klasik maupun kekinian terpercaya, mengumpulkan 10 judul yang paling banyak disebut. Maka inilah dia, hitungan mundur 10 video game terbaik di mesin NES.

*****

10. DuckTales

 
Bagi penggemar komik Paman Gober, game ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Menampilkan karakter populer Disney Uncle Scrooge berikut keponakan-keponakannya, game platformer buatan Capcom ini mengajak kita menjelajahi berbagai wilayah eksotis demi berburu harta karun mulai dari hutan Amazon, kastil Transylvania, hingga ke bulan. Gameplay-nya terbilang unik dibandingkan game-game platformer sejenis, di mana kita mesti menggerakkan karakter Scrooge melompat-lompat dengan stik golf-nya.    


9. Contra

Siapa yang tak tahu game action seru dari Konami ini. Kehadiran Contra memperkenalkan genre baru dalam dunia video game yaitu run and gun, di mana dalam permainannya kita menggerakkan karakter heronya terus berlari memasuki markas musuh sembari menembaki setiap prajurit musuh yang menghalangi jalan. Selain perintis genre run and gun, Contra juga dikenal berkat tingkat kesulitannya yang tinggi, yang lantas memunculkan Konami Code, kode yang memungkinkan kalian memiliki 30 nyawa, sekaligus menjadi kode cheat pertama dalam sejarah video game modern.


8. Mike Tyson’s Punch-Out!!

Game-game yang rilis di NES kebanyakan adalah game-game bergenre platformer. Namun tidak demikian dengan Mike Tyson’s Punch-Out!! Game tinju ini membawa kita ke tengah ring berhaapan setiap petinju yang mesti dikalahkan untuk menjadi juara dunia yang baru. Game ini menuntut kita mengingat pola pergerakan lawan, agar bisa melayangkan pukulan dan memenangkan pertarungan. Di penghujung turnamen, kita bakal berhadapan dengan juara dunia kelas berat kala itu, siapa lagi kalau bukan Mike Tyson.


7. Kirby’s Adventure

Rilis di penghujung era NES, game pertama Kirby di konsol rumahan ini benar-benar memaksimalkan kemampuan mesin 8-bit Nintendo ini. Hasilnya, Kirby’s Adventure memiliki tampilan grafis dan sound yang begitu keren. Bukan itu saja, game ini juga dilengkapi dengan opsi penyimpanan progres game dalam tiga file, menjadi game platformer pertama di NES yang memiliki fitur ini. Dalam game ini kita menggerakkan Kirby, karakter bola pink imut yang mesti berjuang mengembalikan mimpi indah para penghuni Dreamland. Kirby memiliki kemampuan menghisap dan menyerap kekuatan lawannya. Dijami kalian bakal jatuh hati pada karakter yang satu ini.


6. Metroid

Kebanyakan game platformer di era NES hadir dengan gameplay sederhana dan linier. Namun tidak demikian dengan Metroid, yang hadir dengan gameplay non-linier rumit, mengharuskan kita menjelajahi berbagai tempat yang ada dan kembali ke tempat-tempat tertentu setelah bisa melewatinya. Game ini menjadi game pertama yang memiliki fitur password untuk melanjutkan permainan kembali. Metroid juga menjadi game Nintendo pertama yang menghadirkan karakter perempuan sebagai tokoh utamanya. Jangan salah, setelah kalian menamatkan game ini dalam batas waktu tertentu, kalian bakal menyadari bahwa sosok di balik pakaian luar angkasa itu adalah seorang perempuan!


5. Castlevania III: Dracula’s Curse

Dracula’s Curse menjadi penutup yang sempurna untuk trilogi pembunuh drakula buatan Konami ini. Mengambil latar jauh sebelum Castlevania pertama, Dracula’s Curse menceritakan ihwal pertemuan pertama antara klan Belmont dengan Count Dracula. Gameplay-nya terbilang inovatif, dengan rute alternatif yang bisa dipilih serta memiliki empat pilihan karakter yang bisa dimainkan sepanjang permainan, termasuk putra Dracula, Alucard. Dalam game ini kalian bakal menggerakkan Trevor Belmot berhadapan dengan berbagai makhluk gaib anak mulai dari tengkorak hidup, zombie, hingga sang pemimpin, Count Dracula.


4. Super Mario Bros.

Tak dimungkiri lagi bila si tukang ledeng berkumis Italia ini bakal masuk dalam daftar game NES terbaik. Super Mario Bros. bukan saja memperkenalkan karakter paling ikonik di jagad video game, melainkan juga turut membantu kesuksesan NES membangkitkan kembali industri video game modern. Dan tentunya game buatan legenda video game Shigeru Miyamoto ini pula yang memulai era game bergenre platformer, dengan begitu banyak game yang rilis setelahnya mencoba meniru konsep yang diperkenalkannya. Gameplaynya yang sederhana dan bisa diakses siapa saja membuat game ini menjadi begitu dikenali para gamer di seluruh dunia bahkan hingga sekarang.


3. Mega Man 2

Salah satu game platformer yang masih tetap dikenang hingga saat ini, Mega Man 2 menampilkan aksi seru dan intens dari si Blue Bomber. Game ini dikenal luas berkat inovasi pergantian senjata, tingkat kesulitan yang terbilang tinggi, dan musiknya yang banyak diklaim sebagai salah satu musik video game terbaik yang pernah ada. Dalam game ini kalian mesti menggerakkan Mega Man menghadapi delapan robot jahat yang masing-masing menunggu di penghujung level yang ada, sebelum akhirnya mesti berhadapan dengan Dr. Wily yang jahat.


2. The Legend of Zelda

Satu lagi mahakarya Shigeru Miyamoto yang melegenda, populer, dan terus bertahan hingga masa kini selain Super Mario Bros. The Legend of Zelda keluar dari standar gameplay linier, dengan elemen penjelajahan yang begitu kental. Selain merintis genre action RPG, The Legend of Zelda menjadi game pertama yang menghadirkan fitur penyimpanan memori progres dalam wujud battery back-up. Dalam game ini kalian dituntut menjelajahi berbagai dungeon sembari menyelesaikan teka-teki yang senantiasa menghadang. Bila Metroid hadir dengan perspektif side view dan memperkenalkan karakter perempuan, maka The Legend of Zelda hadir dengan perspektif top down view, menjadi game pertama dengan perspektif ini dan menghadirkan karakter bertangan kidal. Dan ya, jangan terkecoh, karakter utamanya bernama Link, bukan Zelda.


1. Super Mario Bros. 3

Seperti sudah menjadi konsensus umum, Super Mario Bros. 3 seolah dipilih secara aklamasi sebagai video game terbaik yang ada NES. Silakan cek internet, dan kalian akan menemukan semua situs video game profesional menempatkannya diposisi teratas daftar game NES mereka. Alasannya sangat jelas, Super Mario Bros. 3 menghadirkan pengalaman platformer yang begitu menawan, mengasyikkan, tak terlupakan. Desain level yang bervariasi dan begitu menantang, beragam powerup keren, berbagai jenis musuh yang unik, hingga teka-teki dan rahasia yang menyelimuti game ini menjadikannya begitu berkesan di kalangan gamer yang pernah memainkannya. Apalagi didukung grafis dan sound yang bisa dibilang terbaik di kelasnya. Super Mario Bros. pertama mungkin memperkenalkan genre plaformer di kalangan gamer, tapi seri ketiganyalah yang menyempurnakan genre ini begitu baik.

*****

Menyusun daftar 10 game NES terbaik nyatanya adalah hal yang sulit. Karena di luar daftar di atas masih banyak game NES berkualitas lainnya, namun 10 judul di atas adalah yang terbaik di antara yang terbaik. Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa kalian setuju dengan daftar di atas? Atau kalian punya daftar game NES favorit kalian sendiri? Tentunya jangan malu-malu berbagi di kotak komentar. Oh iya, artikel ini juga ada versi videonya lho! Versi videonya bisa dilihat di sini. (cg)

CumaGamer.com Original Feature

No comments:

Post a Comment

Designed By