Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Tuesday, August 25, 2015

Review: Mega Man Legacy Collection

WARISAN YANG TERSELAMATKAN!


Mega Man Legacy Collection mungkin bukan game Mega Man yang benar-benar baru khususnya bagi penggemar Blue Bomber. Tapi game yang rilis 25 Agustus 2015 ini untuk berbagai platform ini paling tidak bisa menjadi momen nostalgia bagi sahabat gamer. CumaGamer.com menghadirkan reviewnya.

Lantas apa sebenarnya Legacy Collection? Game ini merupakan kemasan berisi enam game original Mega Man yang rilis di NES, dan juga beberapa tambahan lainnya serta sebuah challenge mode, sesederhana itu. Setiap game memiliki pilihan tiga aspect ratio alias tampilan layar yaitu original, wide, dan full, serta dua tambahan filter visual replika TV jdan monitor jadul. Pada dasarnya, memang itulah yang akan kalian dapatkan dari menggabungkan banyak game dengan cara asli saat mereka pertama kali diperkenalkan.



Mantra kunci dari Digital Eclipse selaku pengembang yaitu "if it ain't broke don't fix it," yang artinya bila tidak ada yang rusak, ya jangan diperbaiki. Hal ini tentu saja bakal mendapat tanggapan berbeda dari para gamer. Bagi gamer yang besar dengan NES, mungkin saja tak mempermasalahkan hal-hal seperti efek gerakan melambat, serta visual yang tak stabil. Memang benar, developer sengaja mempertahankan tampilan dan juga atmosfer asli gamenya. Kalian tidak akan menemukan peningkatan kualitas apapun, misalnya kemampuan mengganti subweapon dengan trigger, sebuah fitus dari rilisan ulang di PSOne beberapa generasi lalu. Bagi yang penasaran, glitch pause subweapon masih bisa ditemui di game ini.

Ada juga beberapa tambahan yang bagus, seperti music player yang menampilkan setiap trek asli dari keenam game, database mode yang menunjukkan artwork dan gambar konsep untuk setiap musuh di dalam game. Semua itu arsip-arsip lawas ya, yang mungkin pernah terbit di artbook, tapi tetap bagus karena bisa dibuka dalam satu tempat. Fitur yang benar-benar keren dalam arsip ini yaitu kemampuan untuk bisa bertarung dengan Robot Master secara instan dari layar menu, dengan setiap senjata yang ada di game.

Oke, jadi dari Mega Man 1 sampai Mega Man 6, bagaimana gameplay-nya? Cukup bagus. Mega Man yang pertama mungkin terasa sulit dengan desain level yang penuh rintangan. Mega Man 2 dan 3, seperti yang awam diketahui, merupakan seri terbaik di antara keenamnya. Tak ada yang terlalu berbeda di Mega Man 4, Mega Man 5 bisa dibilang minim inovasi, dan Mega Man 6 cukup membuat terpana, dengan tampilannya yang begitu bersih dan menarik.


Komitmen Digital Eclipse untuk menampilkan game ini seoriginal mungkin bisa dibilang bagus. Tapi mungkin bisa lebih baik lagi bila ada fitur remixe edition dengan pilihan yang lebih modern. Setiap game Mega Man memang terbilang klasik dengan keunikan masing-masing, bahkan meskipun kalian melihatnya kembali setelah bertahun-tahun kemudian, tanpa terikat kacamata nostalgia. Bila kalian merasa kesal dan ingin mengganti permainan Mega Man lainnya, responnya terbilang cepat dengan menu-menu responsif. Save states juga tersedia untuk masing-masing game, dan juga dukungan password sebagaimana pada versi aslinya juga ada di Legacy Collection.


Ada total 50 tantangan di game ini, yang bisa diakses dalam standalone mode. Bisa dibilang fitur ini adalah faktor yang ditawarkan Legacy Collection, yang secara teknis merupakan hal baru. Kalian bakal terkejut setelah memainkan game ini, khususnya pada pendekatan yang dibutuhkan game ini. Beberapa tahun terakhir memang lagi tren tambahan challenge mode sebagai remix dalam koleksi game nostalgia, sebagaimana dipelopori oleh NES Remix. Dan tren itu tampaknya disadari oleh pengembang game ini.


Ya walaupun Legacy Collection memiliki tantangan standar seperti timed boss rush modes, game ini juga punya campuran, yang berfungsi layaknya lintasan penghalang. Permainannya akan menguji kalian melewati potongan-potongan level selama 15 sampai 30 detik, diselesaikan dengan sebuah portal di ujung level, yang akan membawa kalian menuju bagian mini-section. Bagian ini terbilang adiktif, game ini memaksa kalian untuk secara konstan memikirkan kembali strategi kalian, dan terkadang membawa kalian pada situsasi yang sulit, seperti beam section di stage Quick Man.

Lebih bagus lagi, multi-game remixes bisa dibuka, yang membutuhkan keahlian keahlian kalian melintasi area-area dari beragam game Mega Man. Sangat menyenangkan melompat dari satu papan ke papan lainnya. Mendapatkan waktu penyelesaian terbaik tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pemain Mega Man yang memainkan game ini. Apalagi semua tantangan ini didukung oleh papan nilai, jadi kalian bisa melihat seberapa baik nilai kalian dibandingkan nilai yang dicatatkan teman kalian atau pemain lainnya dari seluruh dunia, sebagaimana yang ada pada Mega Man 9.

~~DATA GAME~~
JUDUL: Mega Man Legacy Collection
DEVELOPER: Digital Eclipse, Capcom
PUBLISHER: Capcom
PLATFORM: PC, PS4, Xbox One, 3DS
RILIS: 25 Agustus 2015
GENRE: Platformer
MODE: Single-player

CumaGamer Score: 7 dari skala 10.

Secara keseluruhan, Legacy Collection merupakan koleksi yang menarik dari enam game Mega Man klasik. Sebagaimana diketahui, Mega Man dikenal awam sebagai salah satu seri game tersulit yang pernah ada, yang tentunya begitu menantang. Meski begitu serial game yang diciptakan Keiji Inafune dan diterbitkan oleh Capcom ini memiliki komunitas penggemar yang terbilang besar, di mana para penggemar selalu menantikan versi terbaru dari serial ini. Buat sahabat gamer yang menggemari serial ini, Legacy Collection tentu game yang tak boleh dilewatkan. (cg)

Sumber: Destructoid

No comments:

Post a Comment

Designed By