Berita Terkini

CumaGamer.com

Terbaru

Berita

Artikel

Unik

Daftar Terbaik

Game Terfavorit

Friday, August 21, 2015

Ini Dia Kronologi Serial Metal Gear Solid

Baru-baru ini PlayStation Jepang merilis klip pendek yang menampilkan rangkaian seri Metal Gear Solid (MGS) dalam kronologi yang berurutan. Serial game stealth-action populer ini memang memiliki latar waktu yang yang tak beraturan, namun saling berkaitan satu sama lain. Seperti apa kronologinya sebenarnya dari MGS? Berikut CumaGamer.com sajikan informasi khusus untuk sahabat gamer di Indonesia.

Metal Gear merupakan salah satu serial game terpopuler di dunia. Game ini digadang-gadang sebagai perintis genre stealth-action yang mengilhami game-game sejenis. Kepopuleran serial besutan Hideo Kojima ini membuat Konami selaku publisher telah merilis banyak serinya hingga dua puluh lebih. Yang terbaru yaitu The Phantom Pain yang bakal menyapa gamer September bulan depan. Seri yang disebut sebagai seri terakhir MGS di bawah arahan Kojima ini kabarnya bakal menjawab teka-teki besar mengenai jalan cerita MGS yang sesungguhnya.



Menariknya, setiap seri MGS yang dirilis memiliki kronologi waktu yang tak beraturan, kompleks, namun saling terkait satu sama lain. Tak tanggung-tanggung, latar waktu dalam serial ini terbentang selama 50 tahun lamanya sejak tahun 1964 hingga 2014. Serial gamenya sendiri telah diproduksi selama tiga dekade alias 30 tahun, dimulai sejak 1987 hingga 2015, dimulai dari Metal Gear yang rilis untuk MSX hingga The Phantom Pain yang rilis untuk PlayStation 4.

Pemberian angka pada judul-judul MGS sendiri lebih pada urutan rilis game, bukan berdasarkan kronologi waktu yang menjadi latar gamenya.Contohnya event MGS V: Ground Zeroes berlangsung di tahun 1974, sementara MGS V: The Phantom Pain mengambil tempat di tahun 1984. Lantas, seperti apa sebenarnya kronologi serial game terbaik di platform PlayStation ini? Berdasarkan chart kronologi yang dirilis PlayStation Jepang, kira-kira seperti inilah urutan waktu serial Metal Gear bila dirunut secara kronologis.

WARNING SPOILER ALERT!

METAL GEAR SOLID 3: SNAKE EATER
Tahun 1964
MGS 3 Snake Eater yang rilis untuk PlayStation tahun 2004 merupakan prekuel dari keseluruhan seri Metal Gear. Bersetting era perang dingin Uni Soviet di tahun 1964, cerita game ini berpusat pada mata-mata FOX bernama Naked Snake yang mencoba menyelamatkan desainer senjata, menyabotase eksperimen senjata super, dan membunuh mantan bosnya yang membelot, The Boss. Pada akhirnya Snake berhasil menyelesaikan semua misinya dan membunuh The Boss, membuatnya dijuluki The Big Boss. Namun menyadari fakta bahwa operasi Snake Eater termasuk pengkhianatan The Boss adalah akal-akalan pemerintah Amerika Serikat demi menghindari tuduhan serangan nuklir dan merebut aset Philosophers' Legacy, Snake merasa dikhianati yang pada akhirnya mengundurkan diri dari FOX.


METAL GEAR SOLID: PORTABLE OPS
Tahun 1970
Seri MGS yang rilis untuk PlayStation Portable (PSP) tahun 2006 ini mengambil setting di Kolombia tahun 1970, enam tahun setelah event Snake Eater. Dikisahkan Big Boss mesti berhadapan melawan bekas unitnya, FOX yang membelot dari CIA. Dengan dibantu Roy Campbell, Big Boss berhasil menghancurkan FOX dan kemudian membentuk FOXHOUND. Selain FOXHOUND, dikisahkan mengenai terbentuknya The Patriots dan inspirasi negara militer Outer Heaven.


METAL GEAR SOLID: PEACE WALKER
Tahun 1974
Rilis untuk PSP di 2010, Peace Walker berlatar tahun 1974 di Kosta Rika. Setelah keluar dari The Patriots, Big Boss/Snake mendirikan grup pembunuh bayaran bernama Militaires Sans Frontires (MSF) atau prajurit tanpa perbatasan. Dalam sebuah misi investigasi aktivitas Peace Sentinels (PS) di Kosta Rika, Snake menemukan proyek senjata mematikan bersandi Peace Walker. Berdasar proyek tersebut dengan dibantu para pembuat Peace Walker, Big Boss lantas menciptakan Metal Gear  bernama ZEKE. Namun Pacifica Ocean (Paz) membajak ZEKE untuk memaksa Snake kembali ke The Patriots. Snake pun mesti mematikan senjata buatannya. Akhir kisah game ini merujuk pada dibentuknya Outer Heaven.


METAL GEAR SOLID V: THE GROUND ZEROES
Tahun 1975
MGS V Ground Zeroes diproduksi sebagai bagian pertama dari MGS V, rilis tahun 2014 untuk platform PC, PS3, PS4, Xbox 360, dan Xbox One. dari seri MGS lainnya, MGS V The Phantom Pain. Mengambil setting di sebuah kamp gelap Amerika bernama Kamp Omega di Kuba tahun 1975. The Big Boss kali ini mesti menyelamatkan Paz yang ditahan di sana demi mendapatkan identitas 'Cipher'. Dalam game ini, unit MSF bentukan Big Boss dihancurkan oleh Amerika Serikat, dengan kisahnya bersambung di The Phantom Pain.


METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN
Tahun 1984
Setelah penghancuran MSF, Big Boss menjadi koma. Sembilan tahun kemudian dia terbangun dan membantu grup militer sewaan Diamond Dogs.  Dengan nama kode "Punished Snake" dan "Venom Snake", dia pergi ke Afghanistan selama perang antara Afghanistan melawan Soviet demi melacak pihak yang bertanggung jawab atas hancurnya MSF. Sepanjang perjalanan dia bertemu dengan mantan saingannya Ocelot dan bertemu sekelompok unit pejuang bernasib sama. Ketika awalnya berniat melakukan pembalasan, Snake justru menyadari rencana organisasi Cipher untuk mengembangkan senjata potensial dengan kekuatan melampaui Metal Gear.


METAL GEAR
Tahun 1995
Game ini merupakan seri Metal Gear yang pertama kali diproduksi. Rilis tahun 1987 untuk komputer MSX dan NES, Metal Gear memperkenalkan karakter Solid Snake, yang merupakan kloning dari DNA Naked Snake/The Big Boss. Dalam game yang memulai serial Metal Gear ini, Solid Snake menjalankan misi pertamanya bersama FOXHOUND dalam upaya menghentikan senjata pemusnah massal berbahaya yang berada di dalam Outer Heaven, sebuah negeri berbentuk benteng maha luas yang terletak di Afrika Selatan. Snake sukses menghancurkan Metal Gear dan berhadapan dengan Big Boss yang tak lain adalah atasan sekaligus ayahnya sendiri.


METAL GEAR 2: SOLID SNAKE
Tahun 1999
Sekuel asli dari Metal Gear ini rilis tahun 1990 untuk komputer MSX2, melanjutkan kisah Solid Snake yang kali ini mesti menyusup ke suatu teritori dengan penjagaan super ketat yang dikenal sebagai Zanzibar Land. Dalam event yang berlangsung di tahun 1999 ini, misi Solid Snake menyelamatkan seorang ilmuwan yang diculik dan menghancurkan Metal Gear D yang dikendalikan oleh mantan rekannya sendiri, Gray Fox. Untuk kedua kalinya Snake berhadapan dengan Big Boss.


METAL GEAR SOLID
Tahun 2005
Rilis tahun 1998 untuk PlayStation, seri pertama MGS ini selain disebut sebagai perintis genre stealth-action, juga sering disebut perintis cinematic video game serta kerap diklaim sebagai game terbaik di platform PlayStation. Game ini dirilis ulang dengan kualitas yang lebih baik dengan judul The Twin Snakes untuk platform GameCube. Ceritanya tentang Solid Snake, yang mesti kembali beraksi sebagai mata-mata untuk menyusup ke fasilitas senjata nuklir dan menghentikan ancaman teroris FOXHOUND, unit pasukan khusus yang melakukan pemberontakan. Snake mesti membebaskan dua tawanan yaitu kepala DARPA dan president perusahaan senjata. Dalam game ini Snake mesti berhadapan dengan saudaranya sendiri, Liquid Snake yang mengendalikan Metal Gear Rex. Kali ini Snake bekerja sama dengan Gray Fox sekaligus melakukan pertarungan terakhir dengannya.


METAL GEAR SOLID 2: SON OF LIBERTY
Tahun 2007/2009
Son of Liberty rilis tahun 2001 untuk PlayStation 2, merupakan sekuel dari MGS. Plot cerita berfokus pada 'Big Shells', sebuah fasilitas pembersihan tumpahan minyak yang dikuasai oleh kelompok teroris 'Son of Liberty'. Teroris ini meminta tebusan besar atas nyawa presiden Amerika Serikat dan mengancam akan menghancurkan fasilitas tersebut yang dapat berimbas pada bencana kerusakan lingkungan skala besar bila tuntutan mereka tidak dipenuhi. Seorang agen muda bernama Raiden menjadi tokoh utama dalam game ini yang ditugaskan menyelamatkan presiden dan menghancurkan Son of Liberty yang konon dipimpin oleh Solid Snake. Setelah menyadari kenyataan yang mengerikan, Raiden dan Solid Snake lantas bekerja sama menghadapi musuh sebenarnya, The Patriots.


METAL GEAR 4: GUN OF THE PATRIOTS
Tahun 2014
Rilis tahun 2008 untuk PlayStation 3, Gun of the Patriots menampilkan Solid Snake dalam kondisi menua, sehingga dijuluki Old Snake. Snake yang sudah tua dipaksa kembali beraksi di medan tempur untuk menghentikan pergerakan Private Military Company (PMC) pimpinan Ocelot. Game ini menjadi akhir pertarungan dari Snake bersaudara, Solid Snake dan Liquid Snake, serta menjadi akhir kisah dari Ocelot, Big Boss dan The Patriots.


METAL GEAR RISING: REVENGEANCE
Tahun 2016/2018
Rising adalah spin-off dari seri MGS dengan genre action hack and slash, bukan stealth sebagaimana seri-seri sebelumnya. Meski merupakan spin-off, namun Rising meggunakan kronologi MGS dengan setting waktu empat tahun setelah event Gun of Patriots tahun 2018. Rilis tahun 2013 untuk PlayStation 3, Xbox One, dan PC, Rising berfokus pada kisah Raiden dalam membalas dendam pada Jetstream dan Desperado yang membuatnya nyaris mati dan kini menjadi cyborg. Misinya menghentikan Sears Program buatan PMC Desperado yang berbahaya dan juga Metal Gear EXCELSUS.

Selain seri-seri utama Metal Gear dengan latar waktu yang saling berkaitan satu sama lain, terdapat pula seri-seri Metal Gear yang tak berkaitan dengan linimasa serial ini dan memiliki linimasa tersendiri. Seperti Snake's Revenge untuk NES yang diproduksi tanpa campur tangan Hideo Kojima dan Ghost Babel yang rilis di Game Boy Color yang memiliki linimasa mandiri sebagai sekuel Metal Gear 2: Solid Snake.

Sekadar informasi Metal Gear merupakan serial game yang memperkenalkan genre stealth-action adventure yang saat pertama kali dirilis belum begitu populer hingga seri Metal Gear Solid untuk PlayStation. Dalam serial game ini kita memainkan karakter Snake yang mesti menyusup ke markas musuh, mengendap-endap, menghindari para penjaga, bertempur melawan musuh-musuhnya, hingga bersembunyi di dalam kardus. Metal Gear yang menjadi sentral game ini sendiri merupakan mesin perang canggih berbentuk mecha yang dapat bergerak bebas dan mampu meluncukan senjata nuklir mematikan dari mana saja.

Elemen mata-mata begitu terasa dalam game ini dengan kayanya fitur stealth yang membuat game ini menjadi populer di kalangan gamer. Ditambah jalinan cerita yang kompleks dengan linimasi begitu panjang, belum lagi tampilan visual-audio cinematic ciamik, elemen gameplay menantang, dan kemasan aksi yang begitu hidup, tak heran memang bila serial Metal Gear Solid kerap diklaim sebagai salah satu serial game terbaik sepanjang masa. Rilisan terbaru serial ini The Phantom Pain yang bakal terbit September mendatang pun telah dinanti-nantikan oleh para penggemarnya. Sahabat gamer pasti juga menggemari serial ini bukan? Ngaku aja deh, gak usah malu. Hehehe. (cg)

CumaGamer.com's Original Feature Article

21 comments:

  1. Masih bingung saya gan, mgr katanyan 4 tahun setelah mgs4, nah di mgr kan raiden nya baru dapat tubuh baru tapi kok di mgs V GZ & TPP kok raiden nya udah versi metal gear rising ya ? Mgs v kan tahun nya jauh di belakang mgr ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah bingung gan. Raiden yang ada di MGS V itu Raiden yang datang dari masa depan. Dan itu tidak terikat dalam kronologi utama ini, bisa dibilang alternate universe karena merupakan extra mission.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. emang ini yg gw benci dari seri mgs...cerita terlalu over,well its japan ..so

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. maksih bnget nii gan ane prtama aga bigung prbedaan snake sma big boos tryata dari sego METAL GEAR SOLID SAMA METAL GEAR AJA.. pdahal dlu penah maen maen game'a dari thun 2000 an tpi masih belom ngerti... ty bnget gan.. prtayaan'a saya metal gear itu kaya yg di MGS V sama rising kn yaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Metal Gear itu mesin mecha yang bisa menembakkan nuklir secara portable. Metal Gear muncul di setiap serial Metal Gear dan Metal Gear Solid.
      Bila bingung antara Snake atau Big Boss, ini referensinya:

      Solid Snake jadi jagoan di: Metal Gear, Metal Gear 2, Metal Gear Solid, Metal Gear Solid 2, Metal Gear Solid 4

      Big Boss/Naked Snake jadi jagoan di: Metal Gear Solid 3, Metal Gear Solid 5, Metal Gear Solid Portable Ops.

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Good Article
    sangat membantu
    Thank You

    ReplyDelete
  19. bknnya venom snake itu phantomnya big boss ya?

    ReplyDelete

Designed By